Kamis, 09 Agustus 2012

Saat Teduh


Setiap hari kita memiliki berbagai macam aktifitas. Bila diringkas, setiap hari mungkin kita bisa mengklasifikasikannya menjadi empat kegiatan, antara lain :
  1. SAKE (Saat Kerja)
    Saat di mana kita mulai mengerjakan sesuatu, misalnya kulaih, mengerjakan tugas, bekerja, dan lain-lain.
  2. SAIS (Saat Istirahat)
    Saat di mana kita beristirahat, misalnya tidur
  3. SAHI (Saat Hiburan)
    Saat di mana kita menenangkan pikiran kita lewat hiburan, misalnya jalan-jalan, nonton, rekreasi, dan lain-lain.
  4. SATE (Saat Teduh)
    Saat di mana kita berkomunikasi dengan Tuhan
Saat kita bangun tidur, manakah yang kita lakukan dahulu ? Apakah kita langsung bekerja ? Atau langsung mencari hiburan Atau langsung istirahat lagi ? Saudara-saudara perlu kita sadari bahwa yang harus kita dahulukan adalah saat teduh (sate), karena di saat itu kita mulai membangun roh kita untuk berkomunikasi dengan Bapa, sehingga kita beroleh kekuatan untuk melakukan berbagai aktifitas kita lainnya.
Mengapa kita perlu Saat Teduh (Sate) ?
  1. Karena Firman itu adalah Allah
    Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
    (Yoh 1:1)
    Jika kita percaya kepada Allah, berarti kita juga harus percaya dengan FirmanNya, dan itu berarti juga kita pasti akan suka akan FirmanNya dan membaca Firman. Melalui Firman Tuhan kita dapat mengenal pribadi Yesus, apa gaya hidupNya, pekerjaan-pekerjaan yang dilakukanNya, dan lain-lain. Jika kita mengasihi Tuhan, kita pasti juga akan mengasihi FirmanNya dan jika kita ingin mengenal Tuhan, kita harus mengenalNya melalui FirmanNya.
  2. Karena Allah berbicara melalui Firman
    Di Kejadian 1, Allah menciptakan bumi dan langit melalui Firman. Dahulu para nabi mendengar suara Tuhan secara langsung, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mendengarkan suara Tuhan secara langsung. Namun, sekarang ada kabar baik, sebab kita bias dengar suara Tuhan lewat Alkitab. Mengapa banyak orang susah mendengarkan suara Tuhan ? Ternyata bukannya susah, tetapi karena orang tersebut jarang membaca Alkitab, sebab semua Firman Tuhan ada di dalam Alkitab dan Allah berbicara melalui Firman.
    Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada.
     (Maz 33:9)

  3. Karena Firman adalah makanan rohani kita
    Seperti tubuh membutuhkan makanan sebagai kekuatan, demikian juga roh kita memerlukan Firman Tuhan sebagai kekuatan dan pelita bagi hiudp kita serta meningkatkan iman kita. Jika kita tidak mengkonsumsi Firman sebagai makanan kita sehari-hari, maka kita akan mudah goyah ketika masalah datang, mudah putus asa, dan tidak berpengharapan.

Apa gunananya kita Saat Teduh (Sate) ?
Saat teduh bukanlah suatu rutinitas agama belaka. Sate adalah kebutuhan kita, karena ada banyak janji-janji Tuhan dalam Firman Tuhan. Bagaimana kita dapat mengetahui janji-janji Tuhan dalam hidup kita jika kita tidak membaca Firman Tuhan ? Justru melalui Firman Tuhan kita akan menjadi berhasil dan sukses (Maz 1:2-3), semakin bertambah hikmat dan pengetahuan (Ams 2:6; Yer 33:3), mengenal kebenaran (2 Tim 3:15-16), dan masih banyak lagi janji-janji Tuhan yang dapat kita terima lewat Firman Tuhan.
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya
. (Yoh 15:7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

isi komentar

Pengorbanan

Setan : TUHAN, aku melihat banyak manusia di bawah sana, aku sudàh pasang perangkap dan umpan,aku yakin mereka tidak akan menolaknnya dan me...